Keutamaan Adab Mencari Ilmu

keutamaan adab mencari ilmu

Menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, sebagaimana yang telah dikatakan dalam sebuah hadits. Bahkan menuntut ilmu diwajibkan dari mulai kita bayi sampai kita memasuki liang lahat (meninggal), itu artinya menuntut ilmu sangatlah wajib untuk kita khususnya orang muslim, dan yang paling utama adalah mempelajari ilmu agama.

Namun perlu kita ketahui bahwa sebelum menuntut ilmu ada sesuatu yang harus terlebih dahulu kita pelajari, yaitu tentang adab menuntut ilmu. Adab ilmu sendiri yaitu aturan mengenai sopan santun dalam menuntut ilmu yang didasarkan atas aturan agama terutamanya agama islam.

Betapa pentingnya adab ilmu untuk kita penuntut ilmu, ilmu tanpa adab adalah pincang. Bahkan sampai pentingnya adab ilmu, Ibnu Mubarok Rahimahullah mempelajari abad atau tatakrama dalam waktu 30 tahun dan beliau belajar ilmu dalam waktu 20 tahun.

Sebagian para Salaf juga berkata kepada anaknya:
“Wahai putraku, seandainya engkau belajar satu bab saja tentang adab, itu lebih aku sukai dari pada engkau belajar 70 bab tentang ilmu-ilmu lainnya”.

Makhlad bin husain Rahimahullah berkata kepada Ibnu Mubarak Rahimahullah :
“Kita lebih membutuhkan banyak ilmu tentang adab dibandingkan banyaknya hadits”. Dari perkataan mereka saja sudah sangat jelas bahwa adab ilmu sangatlah penting.

Ada sebuah qoutes yang sangat keren:
“Aku lebih menghargai orang yang beradab daripada berilmu, kalau hanya ilmu Iblispun lebih tinggi ilmunya daripada Manusia”. Jika di uraikan dari quotes tersebut memang benar, orang yang berilmu tanpa mengetahui adab ilmu maka pasti orang tersebut pada akhirnya akan mempunyai sifat sombong sebagaimana sombongnya Iblis kepada Nabi Adam. Mereka yang seperti ini tidak akan mungkin pernah dihargai meskipun mereka sangat cerdas, Iblis saja Allah usir dari surga karena kesombongannya. Seandainya Nabi Adam tidak beradab, pastilah beliaupun langsung menjadi seorang pembangkang seperti iblis.

Allah juga sangat menyindir keras para ahli ilmu yang dapat menyimpan ilmu yang berjilid-jilid dalam kepalanya, namun tidak ada adab yang tertanam dalam diri dan lisannya, maka kata Allah sia-sia ilmunya bahkan malah menyeret dirinya pada kehinaan.

Adab ilmu yaitu harus kita ketahu adalah bagaimana adab- adab seorang penuntut ilmu terhadap dirinya sendiri, terhadap gurunya, temannya dan pelajarannya. Adab ilmu bisa kita pelajari mulai dari perilaku para Nabi terutama Nabi Muhammad SAW yang sudah jelas dikatakan dalam Al-Qur’an bahwa dalam diri Rasulullah terdapat akhlak yang baik yang patut kita tiru. Selain itu juga kita bisa mencontohi dari para Ulama dan Orang-orang shaleh yang ada di sekitar kita.

Maka dari itu marilah kita benahi lagi diri kita,bangunkan kesadaran kita terhadap kewajiban menuntut ilmu dan kewajiban mengetahui serta mengamalkan adab dalam menuntut ilmu, agar ilmu yang kita dapat bisa di ridhoi Allah , bermanfaat bagi diri kita dan orang lain, dan semoga allah meninggikan derajat kita karena ilmu kita.n