Pelaku Ekonomi beserta Perannya

Di dunia ini setiap orang melakukan kegiatan ekonomi yang berbeda dengan seorang lainnya. kita harus tahu apa garis besar dari corak kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh berbagai golongan masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini saya membedakan pelaku ekonomi menjadi 4 golongan, yaitu rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan luar negeri.

Untuk tahu lebih lanjut, mari kita bahas sama-sama disini tentang Pelaku Kegiatan Ekonomi.

Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Rumah tangga konsumen adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Sektor ini menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan. Selain itu sektor ini memiliki faktor-faktor prodiksi lain, diantaranya adalah modal, kekayaan alam, dan harta tetap seperti tanah dan bangunan. Mereka menawarkan faktor produksi kepada perusahaan.

Sebagai balas jasa terhadap penggunaan berbagai jenis faktor produksi ini maka sektor perusahaan memberikan berbagai jenis pendapatan kepada rumah tangga. Tenaga kerja akan menerima gaji dan upah, pemilik alat-alat modal menerima bunga, pemilik tanah dan harta menerima sewa, dan pemilik keahlian kewirausahaan menerima keuntungan.

Berbagai jenis pendapatan tersebut akan digunakan untuk dua tujuan oleh rumah tangga. Pertama adalah untuk membeli berbagai barang atau jasa yang diperlukan, seperti sandang, pangan dan papan.

Kedua pendapatan tersebut akan di simpan atau di tabung, penabungan ini dilakukan untuk memperoleh bunga dan deviden. Tabungan ini berfungsi pula sebagai cadangan dalam menghadapi berbagai kesusahan dimasa depan.

Perusahaan/Rumah Tangga Produsen (RTP)

Perusahaan-perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Mereka adalah orang yang memiliki keahlian kewirausahaan dan kegiatan mereka dalam perekonomian adalah mengorganisasi faktor-faktor produksi atau mengolah faktor produksi dengan sedemikian rupa sehingga berbagai jenis barang dan jasa yang diperlukan masyarakat rumah tangga konsumen dapat diproduksi dngan sebaik-baiknya.

Mereka memproduksi barang bukan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tujuan mereka yang utama adalah memperoleh keuntungan dari usaha mereka. Dalam analisis ekonomi ini dimisalkan bahwa pengusaha ingin memaksimumkan keutuntungan. Untuk memperoleh keuntungan yang maksimum, para pengusaha akan menganalisis struktur biaya dan pendapatan total yang diharapkannya.

Berdasarkan kepada lapangan usaha yang dijalankan, perusahaan-perusahaan yang ada dalam perekonomian dapat dibedakan menjadi 3 golongan,yaitu:

  • Industri primer : adalah perusahaan-perusahaan yang mengolah kekayaan alam dan mengeksploitir faktor-faktor produksi yang disediakan oleh alam. Contohnya kegiatan pertambangan, menghasilkan barang pertanian, mengeksploitir hasil hutan dan menangkap ikan.
  • Industri sekunden : adalah perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang industri (sepatu, baju, mobil, dan sebagainya), mendirikan perumahan dan bangunan, menyediakan air, listrik dan gas.
  • Industri tertier : adalah industri yang menghasilkan jasa-jasa, yaitu perusahaan-perusahaan yang menyediakan pengangkutan, menjalankan perdagangan, memberi pinjaman (lembaga-lembaga keuangan) dan menyewakan bangunan (rumah dan pertokoan).

Pemerintah / Rumah Tangga Negara (RTN)

Pemerintah disini adalah badan-badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Badan-badan seperti itu termasuk departemen pemerintahan, badan yang mengatur penanaman modal, bank sentral, parlemen, pemerintah daerah, angkatan bersenjata dan lain-lain.

Peran pemerintah dalam perekonomian yaitu:

  • Mengawasi rumah tangga konsumn dan rumah tangga produsen supaya mereka melakukan kegiatan dengan cara yang wajar dan tidak merugikan masyarakan secara keseluruhan.
  • Pemerintah juga melakukan sendiri beberapa kegiatan ekonomi. Salah satu kegiatannya adalah kegiatan mengembangkan prasarana ekonomi seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara.
  • Mengembangkan prasarana sosial seperti institusi pendidikan, badan penyelidikan, menjaga ketertiban dan keamanan negara, dan menyediakan jasa-jasa yang penting peranannya dalam perekonomian (jasa angkutan kereta api, pesawat, kantor pos dan sebagainya).

Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN)

Secara geografis Indonesia dapat di akui sebagai negara yang kaya akan Sumber Daya Alamnya, namun dibalik itu semua masih banyak sumber daya yang di perlukan di indonesia namun tidak ada atau kekurangan di indonesia, maka dari itu untuk memenuhinya pemerintah perlu mengimpor sumber daya tersebut dari negara lain. Begitupun negara lain ke negara kita, Indonesia sampai saat ini banyak mengekspor barang dari dalam ke luar negeri terutama dari bidang pertanian dan pertambangan.

Setiap negara memiliki kondisi geografis dan masyarakat yang berbeda-beda. Hal ini mengakibatkan masing-masing negara memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berbeda pula pertanian dan pertambangan.

Peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian yaitu:

  • Menyediakan barang impor yang dibutuhkan negara lain.
  • Saling memenuhi kebutuhan masing-masing negara dengan melakukan kegiatan ekspor dan impor.
  • Investasi dan menyediakan keredit guna membiayai kegiatan pembangunan oleh pemerintah dan swasta luar negeri.
  • Memasuki pasar uang indonesia sebagai penyaluran uang dari luar negeri, peminta kredit dan juga uang kartal rupiah untuk kebutuhan semua cabang perusahaan didalam negeri.
  • Menghubungkan pasar uang dan pasar barang di dalam dan diluar negeri.

SUMBER: BUKU MIKROEKONOMI TEORI PENGANTAR EDISI KETIGA

KARYA    : Sadono Sukirno.