Pengertian Manajemen:Pengertian dan Unsur Dasar Manajemen Paling Lengkap

Definisi Manajemen

Secara umum, manajemen diartikan sebagai cara mengatur hal-hal penting yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengaturan tersebut, seseorang bisa melakukannya sendiri atau dengan bantuan pihak lain. Oleh karena itu, manajemen memiliki tiga faktor utama, yaitu sebagai berikut.

Adanya Hal-hal yang Perlu Diatur

Hal-hal yang perlu diatur antara lain pekerjaan, dana atau uang, bahan baku dan manusia.

Adanya Seseorang yang Mengatur

Seseorang yang mengatur ini dinamakan dengan manajer. Manajer bisa bekerja sendiri untuk mengatur beberapa hal kecil, tapi bisa pula memiliki tim untuk mengatur bersama-sama beberapa hal yang kompleks.

Manajemen yang telah terbentuk tidak akan dapat berjalan apabila tidak ada seseorang yang bertugas mengatur karena hal apapun tidak akan bergerak jika tidak digerakkan.

Adanya Tujuan atau Arah dari Pengaturan Tersebut

Jika telah ada seorang pemimpim/manajer, hal-hal yang akan diatur pun telah tersedia tapi tidak ada tujuan, maka sistem manajemen belum bisa dijalankan. Karena manajemen dijalankan  dengan tujuan, bukan hanya berjalan tanpa arah yang justru nantinya akan menjadi bumerang bagi manajemen tersebut. Jika manajemen dilakukan dalam perusahaan, jelas tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga sistem pengaturan pada manajemen diarahkan secara efisien untuk mencapai target keuntungan.

Istilah Manajemen mengandung tiga pengertian, yaitu sebagai berikut.

Manajemen Sebagai Suatu Proses

Manajemen merupakan proses yang menjadi jalan menuju keberhasilan seseorang atau sekelompok orang dalam menjalankan suatu sistem.  Ketika sistem dalam koridor manajemen tadi berhasil dijalankan dengan baik, dapat dikatakan bahwa tujuan yang dicanangkan telah berhasil. Sebaliknya, apabila proses yang dijalankan belum dapat mencapai tujuan, bisa jadi evaluasi terhadap berbagai komponen pendukung manajemen tersebut perlu dilakukan.

Manajemen Sebagai Sekumpulan Orang Yang Melakukan Aktivitaas Manajemen

Manajemen merupakan sekumpulan orang atau tim yang memiliki visi serta misi untuk mencapai satu tujuan yang telah disetujui bersama. Orang-orang tersebut bekerjasama dalam satu tatanan yang disebut manajemen. Fungi dari aktivitas tersebut jelas demi kelancaran usaha dan pencapaian tujuan dalam satu lembaga atau perusahaan bersangkuta.

Proses manajemen tidak akan dapat berlangsung tanpa adanya orang-orang atau sumber daya manusia yang menggerakkannya. Hal-hal yang perlu diprtimbangkan oleh manajemen dalam menjalankaan fungsinya, yaitu sebagai berikut.

  • Adanya niat baik
  • Adanya kesamaan visi dan misi
  • Adanya kerja sama antaranggota
  • Adanya manajer yang mumpuni

Manajemen Sebagai Suatu Seni Dan Ilmu Pengetahuan

Manajemen dikatakan sebagai suatu seni karena dalam prosesnya ada seni yang membuat sebuah tim bisa bekerjasama dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Itulah seni berbicara, seni bergaul, seni bekerja dan seni memompa semangat untuk maju bersama-sama. Manajemen juga dikatakan sebagai ilmu pengetahuan dan pemahaman terhadap hal-hal yang dapat memudahkan seseorang atau suatu tim untuk mencapai tujuan mereka.

Unsur-Unsur Dasar Manajemen

Dari uraian diatas nampak bahwa pengertian manajemen selalu diterapkan dalam hubungan dengan usaha suatu kelompok manusia dan tidak pada usaha satu orang walaupun penerapan terhadap usaha satu orang ini tidak mustahil. Kelompok manusia atau unsur kelompok manusia ini adalah dasar terpenting dalam manajemen hingga tergantung pada kemampuan menggerakan orang-orang ini pulalah sukses tidaknya kegiatan seorang manajer.

O.F. Peterson memberikan definisi bahwa manajemen sebagai “the use of man and money to achieve a common goal” ( penggunaan sekelompok manusia,uang serta meterial untuk mencapai suatu tujuan bersama tertentu).dari definisi tersebut terlihat tiga unsur dasar manajemen yaitu :

  1. Man (manusia);
  2. Material (material);
  3. Money (uang);

Sedangkan menurutGeorge R. Terry mengemukakan bahwa teori unsur dasar yang merupakan sumber yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan manajemen adalah:

  • Man (manusia):Manusia merupakan unsur terpenting dalam manajemen, Manusia adalah supir dalam perusahaan,sehingga maju mundurnya perusahaan di tentukan oleh manusianya sendiri
  • Material (material): Material atau bahan ada yang barang setengah jadi dan ada juga yang bahan jadi. material juga merupakan faktor penting dalam jalannya perusahaan karena apabila material yang kita pakai bagus dan berkualitas,maka produk kitapun sudah pasti berkualitas.
  • Machines (mesin): Dengan adanya mesin ini kita bisa mengolah produk dengan lebih efektif dan efesien,sehingga dapat mempercepat terbentuknya sebuah produk dan membuat keuntungan yang besar bagi perusahaan.
  • Methods (tata kerja) : Dengan menggunakan methode,maka proses pelaksanaan kerja akan berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan bahkan bila lebih cepat dari batas target.dalam membuat Methode kita harus memperhatikan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis dalam perusahaan kita.
  • Money (uang) :Uang merupakan modal yang harus ada dalam sebuah perusahaan karena segala mesin,gaji pegawai dan segala peralatan dikaitkan dengan uang,bahkan pada hakikatnya seseorang membuat perusahan karena untuk mencari uang.

Selain teori 3M dan 5M di atas dalam dunia perdagangan dikenal dengan unsur yang ke-6 daripada manajemen, yaitu

  • Market (pasar) : pasar merupakan tempat terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli. disinilah pedagang berlomba-lomba dengan pedagang saingannya agar mendapat banyak konsumen yang membeli barangnya. semakin banyak konsumen maka pedagang akan memperoleh banyak keuntungan.